Bulfest Tampilkan Lukisan Tempo Dulu

Administrator, 19 Juli 2013 16:37:20

SINGARAJA - Buleleng Festival yang akan dilaksanakan 23-25 Agustus mendatang, akan menampilkan lukisan tempo dulu. Lukisan-lukisan itu merupakan karya maestro lukis asal Buleleng, Ketut Gede Pemerajan.

Ratusan karya-karya Ketut Gede Pemerajan merupakan hasil karya tahun 1906. Karya itu kini tersimpan di Museum Belanda dan merekam beberapa kehidupan masyarakat Buleleng di tahun itu.

Ketua Panitia Bulfest Gede Suyasa mengungkapkan, karya itu dibawa oleh akademisi asal Belanda, Prof. Hedi Hinzler. Didalam laptopnya, tersimpan ratusan foto hasil reproduksi lukisan-lukisan milik Ketut Gede Pemerajan.

"Lukisan itu ada di Museum Belanda. Tapi yang ditunjukkan kepada kami baru sebatas foto-foto karya reproduksinya saja," ungkap Suyasa di Sekretariat Bulfest, Jumat (19/7/2013).

Karya-karya Ketut Gede Pemerajan akan ditampilkan di Rumah Jabatan Bupati Buleleng pada 23-25 Agustus 2013. Diperkirakan ada sepuluh karya reproduksi yang akan ditampilkan dan didokumentasikan.

Karya milik Ketut Gede Pemerajan nantinya direproduksi oleh Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). (*)